ingredients

1.Tepung beras
Image result for tepung beras
Tepung beras adalah tepung yang dibuat dari beras yang ditumbuk atau digiling. Tepung beras tidak sama dengan pati beras yang dibuat dengan merendam beras dalam larutan alkali. Tepung beras dapat dijadikan pengganti dari tepung gandum bagi penderita intoleransi gluten karena tepung beras tidak mengandung gluten

Jenis dan pemanfaatannya
Image result for tepung beras
Tepung beras dibuat dan dimanfaatkan di berbagai negara dengan ciri khas masing-masing. Di Jepang, tepung beras disebut dengankomeko (米粉) dan tersedia dalam dua jenis, yaitu tepung beras yang lengket (tepung ketan) (Mochigomeko (もち米粉) dan shiratamako(白玉粉)) dan yang tidak lengket (jōshinko (上新粉)). Tepung beras yang tidak lengket biasanya dijadikan kue atau permen dan tepung ketan dijadikan mochi atau bahan campuran saus.
Di China, tepung beras disebut mifen. Di Filipina disebut dengan galapong dan digunakan untuk membuat cascaron, kudapan yang terbuat dari tepung beras, gula, dan kelapa. Di Turki tepung beras disebut dengan pirinç unu.
Tepung beras dipakai untuk bikin bihun, bakmi, aneka jajanan, kue kering, biskuit, makanan bayi, dan tepung campuran.
Berbagai jenis mi dibuat dari tepung beras, seperti Bánh canh asal Vietnam. Makanan lainnya yang terbuat dari tepung beras yaitu neer dosa, golibaje (Mangalore bajji), mantouKori Rottishondesh dan Kheer.


Referensi
Image result for tepung beras
^ Alden, Lori (1996). "Cook's Thesaurus: Rice". Lori Allen. Diakses tanggal 2006-03-02.
^ Hosking, Richard (1997). A Dictionary of Japanese Food. Tuttle Publishing. hlm. 191. ISBN 9780804820424. Diakses tanggal Jan 29, 2013.
^ 辻静雄 (2006). Japanese Cooking: A Simple Art. Kodansha International. hlm. 70. ISBN 9784770030498. Diakses tanggal Jan 29, 2013.



2. Tepung jagung

Image result for tepung jagung
Tepung jagung, pati jagung, atau tepung maizena adalah pati yang didapatkan dari endosperma biji jagung. Tepung jagung merupakan bahan makanan populer yang biasa digunakan sebagai bahan pengental sup atau saus, dan digunakan untuk membuat sirup jagung dan pemanis lainnya.


Sejarah

Image result for tepung jagung
Hingga tahun 1850, tepung jagung paling banyak digunakan untuk mencuci pakaian dan proses industri.
PemanfaatanTepung jagung digunakan sebagai bahan pengental pada makanan berbasis cairan (seperti sup). Tepung jagung dapat membentuk adonan ketika dicampur dengan air dingin.Nugget ayam menggunakan tepung jagung untuk meningkatkan penyerapan minyak dan kerenyahan ketika penggorengan. Tepung jagung dapat diolah menjadi bioplastik. Tepung jagung juga digunakan sebagai bahan anti lengket pada proses transportasi gula dan produk yang terbuat dari lateks, termasuk kondom dan sarung tangan medis.


Proses pembuatan
Image result for tepung jagung
Jagung direndam air hangat selama 30 hingga 48 jam yang memfermentasikannya sedikit. Lembaga atau inti biji jagung dipisahkan dan endosperma dihancurkan lalu dilarutkan dalam air untuk mendapatkan patinya. Setelah itu, pati dipisahkan dengan cara sentrifugasi, lalu dikeringkan. Produk samping dari proses ini dapat dijadikan pakan hewan ternak, bahan baku minyak jagung, dan sebagainya. Pati jagung dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan

Referensi

^ "Maizena". Maizena marca registrada. Diakses tanggal 2013-17-04.
^ "Corn starch". Everything2. Diakses tanggal 2011-06-12.
^ Bilge Altunaker; Sepil Sahin; Gulum Sumnu (2004). "Functionality of batters containing different starch types for deep-fat frying of chicken nuggets". European Food Research and Technology. 218 (4): 318–322.
^ "International Starch: Production of corn starch". Starch.dk. Diakses tanggal 2011-06-12.


Image result for tepung sagu
Salah satu tepung yang juga sering digunakan dalam pembuatan berbagai makanan dan masakan adalah tepung sagu. Tepung yang berasal dari pohon rumbia atau pohon aren ini merupakan tepung yang mudah ditemukan di daerah Indonesia bagian timur. 
Tepung sagu memiliki karakteristik yang sama dengan tepung tapioka. Bedanya, tepung tapioka terbuat dari batang pohon singkong. Tepung sagu sendiri memang sering digantikan oleh tepung tapioka ini karena agak sulit mencarinya. 
Tepung sagu memiliki tekstur yang cukup lembut untuk tepung yang sudah digiling. Berwarna putih agak pucat, dan jika dipegang akan terasa teksturnya yang kesat dan agak berpasir. Jika dimasak, maka teksturnya akan mengental seperti lem. 


Image result for tepung sagu
Tepung sagu dimanfaatkan dalam pembuatan berbagai menu masakan. Misalnya, untuk membuat pempek, kue bika ambon, kue sagu keju, nasi sagu, bubur sagu, dan lain sebagainya. 
Tepung sagu sangat kaya akan zat pati atau karbohidrat. Sehingga memang cocok sebagai makanan pokok selain nasi. Sedangkan zat gizi lainnya hanya ditemukan dalam jumlah sangat sedikit di dalam tepung sagu ini. 


Image result for tepung sagu
Agar tepung sagu tidak mudah apek, sebaiknya segera diolah begitu dibuka bungkusnya. Atau jika ingin menyimpannya, sebaiknya disangrai dulu hingga kering baru dimasukkan dalam toples anti bakteri. 
Sedangkan untuk mengolah tepung sagu, ada beberapa langkah sebelum mengadonnya menjadi masakan Anda :
Untuk membuat kue kering, sangrai tepung sagu dengan menggunakan daun pandan sampai daun pandannya kering;
Untuk membuat kue basah, campurkan tepung sagu dengan bahan-bahan kering terlebih dahulu baru diuleni dengan bahan basah. Kecuali jika tepung sagu sebagai bahan tambahan, biasanya diberikan di akhir.

sumber : http://www.kerjanya.net/faq/18120-tepung-sagu.html




Komentar

Postingan Populer