famous food

SOTO AYAM

Image result for soto ayam

Soto ayam adalah makanan khas Indonesia yang berupa sejenis sup ayam dengan kuah yang berwarna kekuningan. Warna kuning ini dikarenakan oleh kunyit yang digunakan sebagai bumbu. Soto ayam banyak ditemukan di daerah-daerah di Indonesia dan Singapura. Selain ayam bahan yang digunakan juga meliputi telur rebus, irisan kentang, daun seledri, serta bawang goreng. Terkadang soto juga disajikan dengan lontong atau nasi putih. Selain itu soto ayam juga sering dihidangkan dengan sambal, kerupuk dan koya (campuran tumbukan kerupuk dengan bawang putih).

Soto ayam  semacam sup ayam dengan isi soun, tauge, irisan telur ayam, kol, kentang dan tomat. Soto ayam menggunakan bumbu kunyit sehingga kuah berwarna kuning.

Soto ayam bisa dimakan dengan nasi putih atau irisan lontong.


Asal usul soto dan penyebarannya memang baru sebatas kemungkinan.

Image result for soto ayam

Menurut Dennys Lombard (Nusa Jawa: Silang Budaya), jelas ditulis dibuku tersebut asal mula Soto adalah makanan Cina bernama Caudo, pertama kali populer di wilayah Semarang. Dari Caudo lambat laun menjadi Soto, klop bukan? Orang Makassar menyebutnya Coto, dan orang Pekalongan menyebutnya Tauto.

Makanan yang asalnya juga khas Cina ini telah menjadi bagian dari makanan masyarakat Indonesia. Dengan menyesuaikan olahan bumbu agar pas dengan lidah orang Indonesia, lahirlah kemudian Soto Semarang, Soto Kudus, Soto Madura, Soto Bangkong, dan sebagainya.

Antropolog dari Universitas Gadjah Mada, Dr Lono Simatupang, menurut dia, soto merupakan campuran dari berbagai macam tradisi. Di dalamnya ada pengaruh lokal dan budaya lain. Mi atau soun pada soto, misalnya, berasal dari tradisi China. China-lah yang memiliki teknologi membuat mi dan soun, ujarnya.

Soto juga kemungkinan mendapat pengaruh dari budaya India. Ada beberapa soto yang menggunakan kunyit. Ini seperti kari dari India, ujarnya. Karena soto merupakan campuran dari berbagai tradisi, ungkap Lono, asal usulnya menjadi sulit ditelusuri. Soto itu seperti dangdut yang mendapat pengaruh dari berbagai tradisi. Ya, sudah kita terima saja.

Bagaimana soto bisa menyebar ke berbagai daerah di Indonesia? Secara antropologi, sebuah makanan menyebar seiring dengan penyebaran manusia. Makanan yang tersebar itu kemudian bisa diterima di tempat lain. Selain itu, makanan juga menyebar karena ada proses industri. Penyebaran ini, lanjut Lono, diikuti dengan upaya pelokalan. Proses pelokalan soto mungkin sama seperti pelokalan Islam maupun Kristen di Indonesia. Inilah yang mengakibatkan muncul berbagai jenis soto di Indonesia.


Soto ayam adalah semacam sup ayam dengan isi soun, tauge, irisan telur ayam, kol, kentang dan tomat. Soto ayam menggunakan bumbu kunyit sehingga kuah berwarna kuning sehingga rasanya menjadi JOSS atau Soto Ayam JOSS.

Soto ayam bisa dimakan dengan nasi putih atau irisan lontong.

Bahan:

1 ekor ayam utuh (bersihkan)
200 gram kol
200 gram tauge (rebus sebentar)
4 buah kentang (rebus atau kukus, kupas, dan goreng)
2 buah tomat
50 gr soun (rendam dalam air panas)
3 telur rebus
2 liter air
bawang goreng

Bumbu:

3 lembar daun jeruk
2 batang serai
2 lembar daun salam
1 batang daun bawang
25 gram lengkuas
2 sdm minyak goreng

Bumbu yang dihaluskan:

5 gram kunyit
4 buah kemiri
15 gram jahe
3 buah bawang merah
2 siung bawang putih
½ sdt merica
2 sdm garam
Cara membuat:

Tumis bumbu yang dihaluskan dengan api kecil hingga harum

Rebus ayam di dalam panci bersama dengan bumbu yang sudah ditumis, lengkuas, daun jeruk, daun salam, dan daun serai selama paling sedikit 30 menit sampai daging ayam menjadi empuk. Waktu memasak bisa disingkat dengan menggunakan panci presto.

Bila kuah masih kurang enak boleh ditambah garam atau merica secukupnya

Pisahkan daging dari tulang dengan menggunakan garpu dan pisau

Masukkan kembali tulang ke dalam kuah di panci

Masukkan potong daun bawang
Kuah perlu dididihkan kembali sebelum dihidangkan
Cara menghidangkan:
Di dalam mangkok letakkan kol, tauge, sohun, irisan kentang, tomat, serta telur dan daging ayam
Siram kuah soto yang mendidih ke dalam mangkok

Tambahkan bawang goreng dan irisan jeruk nipis di atasnya kalau suka

Hidangkan dengan sambal cuka, kecap manis, kerupuk dan emping.

Komentar

  1. ION^Q^Q menghadirkan permainan paling menarik
    Anda bisa menikmati permainan Poker & Domino bersama kami
    Untuk info lebih lanjut Add whatsapp: +85515373217

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer